“Rayakan Hari yang Suci dengan Hati yang Bersih”

“Rayakan Hari yang Suci dengan Hati yang Bersih”

1
224
0
Saturday, 24 June 2017
Sola News

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, Sahabat Sola yang beragama Muslim pasti udah nggak sabar kan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Jika tidak ada perubahan lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 25 Juni 2017 tepat di Hari Minggu. Beragam tradisi dilakukan untuk menyambut hari raya kemenangan umat muslim ini dan tepat di hari raya Idul Fitri biasanya akan diawali dengan mengikuti sholat Ied Idul Fitri. Ternyata di Indonesia sendiri ada beberapa tradisi yang pasti dilakukan saat lebaran atau dalam menyambut lebaran. Apa saja ya tradisinya? Yuk kita simak, solagracia punya beberapa contohnya nih.

1.Mudik

Seperti di artikel sebelumnya, Mudik sekarang memang sudah menjadi tradisi. Karena banyaknya masyarakat yang juga menjadi perantau dan karena libur lebaran yang cukup panjang, masyarakat akhirnya memanfaatkannya untuk keHasil gambar untuk takbiran kelilingmbali ke kampung halaman dan merayakan Idul Fitri dengan sanak keluarga.

2. Takbir Keliling

Malam lebaran selalu ditandai dengan kumandang takbir sebagai tanda kemenangan. Di Indonesia tradisi ini biasanya ditandai dengan adanya masyarakat yang melakukan takbir keliling kampung. Ada yang menggunakan kendaraan, ada juga yang berjalan kaki. Selain itu pada malam takbiran ini juga diiringi dengan tradisi menabuh bedug.

3. Ketupat

Lebaran pasti identiHasil gambar untuk ketupat lebarank dengan adanya ketupat. Seperti menjadi menu wajib saat lebaran, makanan satu ini jarang sekali absen untuk disajikan. Makanan ini biasanya disantap usai masyarakat menunaikan salat Idul Fitri. Ketupat disajikan bersama menu spesial lebaran lainnya seperti opor ayam, rendang atau semur.

4.THR

Saat menjelang lebaran, perusahaan-perusahaan akan mengeluarkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para karyawannya. Hal ini bahkan telah menjadi ketetapan resmi pemerintah. Di samping THR karyawan, adapula tradisi membagikan THR pada anak-anak kecil saat lebaran tiba.

5.Tradisi “Serba Baru”

Tradisi serba baru ini maksudnya tradisi baju yang harus baru, penampilan yang baru atau hal hal lain yang baru. Hal ini masih diterapkan oleh sebagian besar masyarakat. Apalagi setiap menjelang lebaran dipusat perbelanjaan selalu ada diskon. Tradisi serba baru ini diyakini sebagai simbol bahwa kita terlahir menjadi baru kembali di Hari Raya Idul Fitri ini.

6.Ziarah ke Makam

Umumnya masyarakat Indonesia akan berbondong-bondong berziarah ke makam keluarga atau kerabatnya yang telah tiada selepas melakukan salat Idul Fitri.

Nahh itu tadi beberapa tradisi yang ada di Indonesia. Pasti Sahabat Sola juga tidak ketinggalan kan untuk menyambut lebaran ini. Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri bagi Sahabat Sola yang merayakannya. 🙂

 

SEGENAP DIREKSI DAN STAFF RADIO SOLAGRACIA MENGUCAPKAN

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H

MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *