Musik Indie

Musik Indie

Like
102
0
Friday, 11 August 2017
MUSIC & REVIEW

Sahabat Sola pasti sudah tidak asing lagi kan dengan musisi Indie seperti Payung Teduh, Danilla, Mocca, Banda Neira, Killing Me Inside,Efek Rumah Kaca, Fourtwnty dan lainnya. Di artikel kali ini SolaGracia akan sedikit membahas tentang musik dan musisi Indie ini.

Istilah Indie sendiri diambil dari kata Independent yang berarti bebas, merdeka, mandiri. Indie ini bukan aliran/genre musik seperti jazz, rock, pop melainkan sebuah gerakan musik yang bebas, mandiri, dan nggak bergantung sama sebuah label musik atau sebagainya. Musisi Indie cenderung menciptakan lagu sesuai dengan apa yang mereka sukai dan genre yang mereka inginkan. Tak jarang jika lagu-lagu yang mereka ciptakan kebanyakan sangat anti-mainstream dari lagu-lagu di pasaran. Karena musisi Indie tidak punya label untuk bernaung, tak jarang mereka membuat label sendiri untuk merekam dan memasarkan karyanya. Cara mereka untuk mempromosikan karyanya juga beragam, bisa melalui antar teman, melalui media sosial seperti youtube, ataupun menggadakan mini konser di kota kota besar.

Musik Indie mulai diperkenalkan pada era tahun 1980-an. Tangga lagu musik indie pertama kali muncul di majalah Record Week sebelum pindah ke harian Sounds. Banyak band indie yang mulai muncul kala itu, seperti The Smith dan Joy Division.

Di era tahun 90an Nirvana dan Radiohead yang juga band berlabel Indie mulai menyebarkan “virus” musik indie ke berbagai dunia dengan musik yang unik namun tetap enak didengar.

Musik Indie ini mulai dikenal di Indonesia sejak PAS Band merilis album mereka pada tahun 1993. Album tersebut ternyata terjual habis sebanyak 5,000 kopi. Keberhasilan di jalur indie yang PAS Band tuai kemudian menjadi inspirasi bagi musisi lainnya. Selain PAS Band ada pula Pure Saturday. Pure Saturday adalah band indie pertama selain metal yang membuat album rekamannya sendiri pada tahun 1995. Disusul oleh Mocca yang berhasil menjual album mereka hingga menembus angka di atas 100.000 kopi. Keberhasilan Mocca kemudian membawa dampak pada band-band Indie di Indonesia hingga sekarang.

Memasuki era tahun 2000-an semakin banyak musisi indie yang mulai menunjukkan karya mereka. Dengan menggadakan mini konser di berbagai kota, menampilakn visual karya mereka di youtube dan di sosial media lainnya. Format yang diusung juga beragam baik dalam format band, grup maupun bernyanyi solo.

Banyak pula musisi Indie Indonesia yang berprestasi seperti Sore, Jogja Hiphop Foundation, Superman Is Dead, Efek Rumah Kaca, Mocca, Endah N Rhesa dan musisi Indie lainnya.

Buat Sahabat Sola yang belum tau musik Indie bisa dengerin salah satu karya dari para musisi Indie diatas. Siapa tau nanti Sahabat Sola terinspirasi untuk mempublikasikan karya Sahabat Sola secara independent juga. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *